04 Januari 2013

MELETAKAN MASALAH

Suatu hari seorang
professor memulai sebuah
kelas dengan mengangkat
gelas berisi air. Ia
mengangkat gelas tersebut
dan bertanya kepada
siswanya..
Berapa kira-kira berat gelas ini?”
Satu ons,Dua ons,Tiga
ons… terdengar jawaban
bersahutan dari siswa-
siswanya.
Saya tidak begitu pasti
sampai saya menimbangnya
kata professor
tapi pertanyaan saya adalah apa yang terjadi jika
saya mengangkatnya selama
semenit?
Tak kan terjadi apa-apa
kata siswa-siswa tersebut.
Baik, jika saya
mengangkatnya selama satu
jam?? tanya professor.
Tangan Anda akan terasa
pegal, jawab para siswa.
Kalau saya angkat selama
seharian penuh?”
Tangan Anda akan sakit,
bahkan mungkin bisa
terluka otot-ototnya dan
Anda harus dirawat di
rumah sakit tentunya,
jawab salah satu siswa dan
disambut tawa seluruh
siswa di kelas tersebut.
Tepat sekali, jawab
professor. Tapi apakah
kesakitan saya tersebut
disebabkan karena berat
gelas tersebut berubah?
lanjut professor.
Tidak, jawab siswa
serentak, itu karena otot-
otot Anda menerima
tegangan yang terlalu lama.
Profesor kembali bertanya,
Lalu apa yang harus saya
lakukan?
Seisi kelas terdiam. Tiba-
tiba salah seorang siswa
menjawab, Letakkan gelas
tersebut.
Excactly, tepat sekali!
jawab sang professor.
Problem dan masalah dalam
hidup dapat diibaratkan
mengangkat gelas ini.
Camkan kata-kata ini,
mengangkatnya lebih lama
akan membuatmu merasa
pegal. Mengangkat lebih
lama lagi dapat
membahayakanmu, bahkan
dapat membunuhmu.
Sangat penting berpikir
tentang tantangan-
tantangan dalam hidup, tapi
akan LEBIH PENTING
meletakkannya sejenak
setiap mengakhiri hari saat
kalian semua beranjak tidur
dan tidak membawanya
bersama tidurmu. Dengan
begitu kalian tidak akan
merasa tertekan, kalian
bangun di pagi hari dengan
rasa segar, kuat dan tegar
menghadapi setiap
tantangan dan masalah yang
datang.

Pelajaran untuk kita :
kegagalan bukanlah suatu
masalah yang besar.Kita
harus pernah merasakannya
untuk mengetahui apa arti
sebuah kesuksesan. Banyak
orang tidak siap dengan
sebuah situasi kegagalan.
Belajarlah dari kegagalan
meski itu terjadi berkali-
kali!..

Sumber : ebookmotivasi

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com